Kamis, 03 Agustus 2017

Teknologi Tepat Guna

Teknologi merupakan hal yang dapat membantu, meringankan dan bahkan menggantikan posisi manusia, tepat berarti hal yang sesuai serta bermanfaat, dan guna ialah sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Perkembangan teknologi saat ini sudah menggunakan prinsip otomatis, karena teknologi yang bersifat otomatis hanya memerlukan sedikit tenaga manusia.
Saklar lampu otomatis merupakan teknologi sederhana yang dapat diterapkan di rumah-rumah warga atau bisa digunakan sebagai saklar lampu penerangan jalan umum (PJU). Sesuai dengan namanya saklar lampu otomatis bekerja secara otomatis pada kondisi siang hari saklar akan memutus aliran listrik dan mematikan lampu, begitu juga sebaliknya ketika kondisi malam hari saklar akan menghubungkan aliran listrik sehingga lampu akan menyala.
Pembuatan saklar ini menggunakan komponen yang mudah ditemukan di toko elektronik dan harganya yang sangat terjangkau. Komponen utama yang digunakan ialah LDR dan relay, LDR (long distance relationship) merupakan sebuah sensor cahaya non-polar yang sangat mudah diaplikasikan serta relay sebagai penghubung dan pemutus arus listrik dalam kata lain relay bisa di katakan sebagai saklar. Komponen-komponen yang di gunakan untuk membuat saklar otomatis sebagai berikut:
1.      LDR
2.      Relay
3.      Potensiomete
4.      Resistor
5.      Diode
6.      Transistor NPN

7.      PCB metrik
8.      Solder dan Timah
9.      Power Supply
10.      Skema rangkaian

Manfaat yang timbul jika menggunakan saklar otomatis salah satunya adalah dapat menghemat penggunaan listrik di siang hari sehingga bisa meminimalkan pengeluaran biaya listrik yang dibayar.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular