Rabu, 02 Agustus 2017

Media Pembelajaran “ PROSES ABRASI” Untuk Siswa SDN Kebundadap Timur 1

Salah satu kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh KKN 88 Universitas Trunojoyo Madura adalah memberikan inovasi terhadap media pembelajaran “proses abrasi”. Dalam kegiatan ini mahasiswa meminta izin kepada salah satu lembaga pendidikan yang ada di desa Kebundadap Timur yakni SDN Kebundadap Timur I. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2017.
Salah satu alasan diadakannya pengajaran menggunakan media pembelajaran adalah mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura melihat bahwasanya penting sekali masyarakat pesisir terutama siswa-siswi yang duduk di Sekolah Dasar yang sedang menerima pelajaran mengenai salah satu kenampakan alam (Abrasi) dan menemui secara langsung di kawasan tempat tinggalnya untuk mengetahui bagaimana proses terjadinya abrasi serta bagaimana cara mencegah terjadinya pengikisan tanah akibat ombak laut tersebut. Agar materi penting tersebut tidak hanya menjadi pembelajaran secara teoritis saja, maka Mahasiwa KKN 88 Universitas Trunojoyo Madura berinisiatif memberi pembelajaran melalui media yang lebih konkrit perlu diberikan kepada siswa-siswi SD di pesisir pantai tersebut.
            Adapun tujuan dari adanya media pembelajaran yakni agar pengajar lebih mudah menyampaikan materi yang diberikan kepada para murid baik  di kelas maupun di luar kelas. Alat bantu proses belajar mengajar tersebut juga berfungsi untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau ketrampilan siswa. Selain itu, manfaat media pembelajaran bagi siswa sendiri antara lain dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan untuk belajar, serta membantu proses penyimpanan memori mengenai materi bertahan lebih lama.
Dokumentasi Mahasiswa KKN 88/2017 Universitas Trunojoyo Madura
Media Pembelajaran “Proses Abrasi”



Alhamdulillah kegiatan ini mendapat respon positif oleh pihak lembaga (SDN Kebundadap Timur I) dan antusias dari siswa-siswi di Desa Kebundadap Timur.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular