Kamis, 09 November 2023

Pelatihan Batik Mangrove

Wisata Mangrove Kedatim selain sebagai tempat wisata juga menjadi tempat observasi, penelitian, juga dapat digunakan sebagai tempat pelatihan batik. Banyak manfaat dari pohon mangrove yang bisa kita pakai terutama dari daun mangrove yang mana kita bisa mengolah daun mangrove menjadi pewarna batik yang sangat alami dan tentunya juga berkualitas tinggi. Adanya pelatihan batik menggunakan pewarna dari daun mangrove ini sangat diterima dengan antusias oleh masyarakat.


Kegiatan pelatihan batik ini didampingi langsung oleh dosen dari Sekolah Tinggi Kesenian Surabaya. Dimana kegiatan pelatihan batik ini dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 02 September 2023 yang diisi dengan sosialisasi terkait manfaat dan tata cara pengolahan daun mangrove menjadi pewarna batik alami. Terdapat banyak jenis daun mangrove dimana setiap jenis pohon mangrove akan menghasilkan warna yang berbeda-beda jika diolah satu persatu. 

Sumber: Mahasiswa MBKM Pengabdian Masyarakat UTM



Pelatihan batik tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 23 September 2023 yang dihadiri langsung oleh wakil Bupati Sumenep yaitu ibu Dewi Khalifah. Pada tahap kedua ini diisi dengan praktek pewarnaan langsung pada kain, dimana pada tahap sebelumnya sudah belajar mengenai tata cara pengolahan daun mangrove menjadi pewarna batik alami. 

Sumber: Mahasiswa MBKM Pengabdian Masyarakat UTM


Dengan adanya kegiatan pelatihan batik dari tanaman mangrove ini, diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat mengenai manfaat tanaman mangrove yang begitu melimpah. Tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai tempat ekowisata, tetapi tanaman mangrove juga dapat digunakan sebagai hal-hal lainnya salah satunya yaitu sebagai pewarna alami batik yang diambil dari daun, akar, dan bagian lainnya. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular