Minggu, 23 Juli 2017

Minggu Sehat dan Operasi Semut Edisi 1

Kegiatan minggu sehat dan operasi semut adalah salah satu kegiatan KKN 88 UTM yang di lakukannya setiap hari minggu. Kegiatan ini di lakukan di tempat KKN 88 UTM, yaitu di Desa Kebun Dadap Timur Kec. Saronggi Kab. Sumenep. Minggu Sehat dan Operasi Semut edisi 1 yang dilaksanakan pada tanggal 23 juli 2017. Kegiatan ini melibatkan semua mahasiswa KKN 88 UTM dan siswa SD Kebun Dadap Timur 1. Semua guru dan kepala sekolah terutamanya memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini yang telah melibatkan siswa-siswa didiknya untuk ikut di kegiatan minggu sehat dan operasi semut.
Teknis kegiatan minggu sehat dan operasi semut di awali dengan senam pagi bersama siswa-siswa dan KKN 88 UTM. Senam tersebut di mulai pada pukul 6 wib pagi yang di pimpin oleh mahasiswa KKN dan siswa SD Kebun Dadap Timur 1 juga. Pada saat senam siswa merasa semangat sekali dan gembira, sehingga para siswa bisa bersenam dengan semangat dan ceria.
Senam Pagi

Setelah senam bersama dilanjutkan dengan operasi semut, yaitu bersih-bersih jalan raya. Mengambil sampah-sampah plastik dan di kumpulkan jadi satu. Operasi semut ini di bagi menjadi lima kelompok. Kelompok satu dan dua berjalan dari lokasi SD Kebun Dadap Timur 1 menuju ke pasar Debun Dadap Timur. Sedangkan kelompok tiga sampai lima berjalan dari SD Kebun Dadap Timur 1 menuju ke makam putih Kebun Dadap Timur. Begitu pun mahasiswa KKN 88 UTM di bagi menjadi dua kelompok, kelompok satu mengawasi kelompok satu dan dua sedangkan kelompok yang satunya mengawasi kelompok siswa tiga sampai lima. Para siswa berjalan dengan santai sambil mengambil sampah-sampah yang ada di pinggir jalan dan di serahkan kepada mahasiswa KKN sebagai pemegang plastik sebagai wadah sampah yang di ambil.
Pengambilan Sampah

Setiap kelompok tiba ke lokasi SD Kebun Dadap Timur pada pukul 8 wib pagi. Dan hasil sampah yang di kumpulkan di bawa ke lokasi. Setiap kelompok harus menyerahkan sampah yang di kumpulkan ke mahasiswa KKN. Guna untuk dinilai kelompok mana yang paling banyak mengumpulkan sampah maka akan di beri hadiah.

Pada saat terakhir sebelum di tutup kegiatan minggu sehat dan operasi semut, mahasiswa KKN memberikan sedikit motivasi kepada para siswa yang ikut bergabung dalam kegiatan ini. Motivasi yang di berikan kepada siswa yaitu betapa pentingnya senam pagi untuk menjaga kesehatan kita dari sejak dini, begitu pula dengan operasi semut yang manfaatnya sangat penting untuk menyadarkan masyarakat mengenai betapa pentingnya kebersihan lingkungan. Sampah-sampah yang di kumpulkan yaitu sampah plastik yang tidak bisa dimusnahkan walaupun di bakar, jadi sampah-sampah seperti itu pun bisa di jadikan bahan kerajinan juga.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular