Senin, 31 Juli 2017

Limpahan Buah Mangrove

      Mangrove merupakan tanaman yang memiliki akar yang menyembul ke permukaan. Penampakan mangrove seperti hamparan semak belukar yang memisahkan daratan dengan laut. Mangrove tumbuh di atas tanah lumpur aluvial di daerah pantai atau muara sungai yang dipengaruhi pasang surut air laut.
      Mangrove- biasa disebut prapat oleh warga lokal- merupakan salah satu potensi yang terdapat di Desa Kebundadap Timur, Saronggi, Sumenep.  Salah satu jenis mangrove yang terdapat di Kebundadap Timur adalah Sonnerita Alba. Mangrove jenis ini memiliki buah berbentuk bulat kecil berwarna hijau dengan permukaan halus.
Buah Mangrove Sonnerita Alba
      Buah ini mengandung Vitamin C mencapai 70,6 mg/100 g, tidak jauh dari kandungan vitamin C pada jambu biji sebesar 87 mg/100 g. Selain itu ada pula kandungan serat kasar sebesar 3,314% dan iodium 0,0005%. (Sumber)
      Sayangnya, buah ini kerap dianggap sebagai 'sampah' oleh sebagian besar warga Kebundadap Timur. Padahal, dengan kandungan yang dimilikinya, buah ini dapat dilah menjadi produk pangan yang menyehatkan.
     
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular