Rabu, 05 Juli 2023

POSYANDU DESA KEBUNDADAP TIMUR


POSYANDU atau pos pelayanan terpadu adalah upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak.
Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat pra kehamilan hingga persalinan, disamping itu pemberdayaan masyarakat juga dilakukan untuk mengembangkan potensi generasi yang lebih sehat dan kuat.

Posyandu yang diadakan di desa Kebundadap Timur juga secara tidak langsung membantu melatih kesehatan mental ibu dan anak serta mengembangkan pemahaman tentang pentingnya gizi dalam pertumbuhan anak dan upaya mencegah stunting.


Tujuan
Gerakan POSYANDU bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin.

 
Sasaran
Sasaran Gerakan POSYANDU yang menjadi fokus utama  adalah

• Ibu Hamil
• Bayi
• Balita
• Batita


POSYANDU di Desa Kebundadap Timur dilaksanakan sekali dalam sebulan oleh setiap dusunnya yang terdiri empat dusun. Posyandu dilakukan secara bertahap dan terorganisir oleh tim puskesmas beserta kadernya.

Pada Rabu, 5 Juli 2023 kegiatan ini juga di ikuti oleh para mahasiswa KKN yang turut berpartisipasi dalam berjalannya pelaksanaan posyandu ini hingga selesai.
Bidang pelayanan kesehatan yang menjadi fokus Posyandu meliputi :
• Mental spiritual menjadi sikap dan perilaku sebagai insan hamba Tuhan
• Fisik material meliputi sandang, pangan, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan, dan keterampilan.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular